Ternyata Ini Segudang Khasiat Kayu Secang

Siapa yang tidak kenal kayu secang? Iya, bilahan atau irisan kayu kecil kecil yang jika direndam akan menghasilkan warna merah keunguan, itulah kayu secang.


Tanaman obat dengan nama latin Caesalpinia Sappan L.ini bisa kamu jumpai keberadaannya di pasar-pasar tradisional, depot jamu, bahkan toko online sekarang sudah banyak yang menjualnya.


Dimasa pandemi seperti ini, berbagai produk olahan jamu laris manis terjual, terlebih bahan baku jamu yang dapat menaikkan daya tahan tubuh.mulai banyak diburu.


Sudah pernahkah kamu meminum rendaman kayu secang atau wedang secang ini? Tenang, infused water dari kayu secang tidak pahit sebagaimana jamu-jamu lain, bahkan rasanya sama halnya meminum air putih biasa.


Selain ciri dan rasa dari kayu secang, kamu juga musti tahu segudang khasisat yang dimilikinya


Pertama, mengatasi diabetes (kencing manis)

Kayu secang dapat menadi salah satu dari beberapapa pilihan dari obat tradisional untuk mengatasi diabetes karena kandungan senyawa brazilin yang dapat menetralisir gula darah secara signifikan.


Kaelsapin P, Sappankalkon, dan Protosappanin A merupakan kandungan lain yang terdapat pada kayu secang.


Kedua, mengandung anti oksidan tinggi

Kandungan kayu secang yaitu antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Oleh karena itu, jika ingin meminum minuman yang mengandung antioksidan, wedang kayu secang dapat menjadi pilihan.


Ketiga, mengatasi masalah pencernaan

Dengan kemampuan dapat membasmi bakteri Echericial coli, kayu secang dapat membantu mencegah mual, muntah, dan diare.


Keempat, mengatasi obesitas

Manfaat kay usecang yang sellanjutny adalah mengatasi kelebihan berat badan. Peran kayu secang disini adalah sebagai minuman sehat tanpa gula dan peluncu rracun di tubuh.


Dengan mengkonsumsi minuman sehat berupa wedang secang tanpa gula, akan menjadikan tubuh menjadi lebih ringan dan berat badaan demi-sedikit berkurang


Kelima, membersihkan kulit wajah dan bakteri penyebab jerawat

Bagi kaum hawa, mencuci wajah merupakan kebutuhan penting. Cara membuatnya mudah, cukup rebus beberapa potongan kayu secang. Setelah itu diamkan hingga dingin,kemudian gunakan sebagai air pencuci wajah. (Nana Krisdianti)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tasya Sayeed, Beauty Influencer Hijab yang Doyan Speak-Up

Kuota Unggah PKM Naik, Univet Bantara Sukoharjo Undang Reviewer Nasional Lagi

Video Lahiran Anak Baim Wong Jadi 1st Trending, Netizen: Kiano Tiger Wong Baby Hits Abad Ini